Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Pendaftaran Online Rumah Sakit di Surakarta

Authors

  • Jeremia Junius Paladang Program Studi D4 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Didik Setyawan Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Nang Among Budiadi Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Setia Budi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31001/cihams.v1i.12

Keywords:

kepuasan layanan aplikasi pendaftaran online, kepercayaan, kinerja diharapkan, usaha diharapkan, pengalaman

Abstract

Studi ini bertujuan menguji tingkat kepuasan penggunaan aplikasi pendaftaran online rumah sakit yang dipengaruhi oleh usaha yang diharapkan dan kinerja yang diharapkan disebabkan adanya kepercayaan individu dengan pengalaman sebagai pemoderasinya. Fenomena yang terja di rumah sakit sudah  menyediakan  aplikasi pendaftaran online yang memudahkan masyarakat untuk berencana berkunjung ke rumah sakit namun belum dimanfaatkan dengan baik. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan populasi masyarakat di Surakarta yang menggunakan aplikasi pendaftaran online di rumah sakit sebanyak 120 responden. Pengujian alat ukur menggunakan aplikasi SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja diharapkan dan usaha diharapkan. Kinerja yang diharapkan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan. Namun usaha yang diharapkan tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Pengalaman mempunyai peran dalam memoderasi hubungan usaha yang diharapkan dan kinerja yang diharapkan terhadap kepuasan. Hasil ini memberikan makna bahwa untuk membentuk kepuasan layanan aplikasi pendaftaran online rumah sakit dibentuk adanya kinerja yang diharapkan disebabkan adanya kepercayaan dengan pengalaman sebagai pemerkuatnya.

Published

2020-11-24

How to Cite

Jeremia Junius Paladang, Didik Setyawan, & Nang Among Budiadi. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Pendaftaran Online Rumah Sakit di Surakarta. Conference on Innovation in Health, Accounting and Management Sciences (CIHAMS), 1, 69-80. https://doi.org/10.31001/cihams.v1i.12